Let's Join Us! Apa yang Salah dengan Frasa Itu?

Mei 30, 2018
Ide dari tulisan ini berawal dari sebuah video unggahan seseorang di status Whatsapp-nya. Sebuah video promosi tentang sebuah komunitas. Gambar-gambar dan video effect yang ditampilkan sebenarnya bagus sekali. Namun kemudian video tersebut sudah nggak bisa aku nikmati karena adanya sebuah frasa "Let's join us".

frasa yang benar atau salah
pixabay.com

Frasa ini mungkin diartikan sebagai "Mari bergabung dengan kita/kami". Tapi, kenyataannya frasa tersebut salah total dalam bahasa Inggris. Mari kita perhatikan strukturnya terlebih dahulu.

Let's memang sering diartikan "Ayo" jika dalam bahasa Indonesia. Sering muncul di frasa "Let's go". Mari pergi/ayo pergi. Benar saja. But, there is something yang terlupakan. Let's sebenarnya terdiri dari dua kata yang disingkat dengan menggunakan tanda petik satu. Jika nggak disingkat, maka dia akan menjadi "Let us" yang artinya mari kita. 

Di sinilah letak kesalahan frasa tersebut. Harusnya sebenarnya sudah ada kata "us" dalam kata "let's", eh malah ditambah lagi kata "us" di akhir frasa tersebut. Artinya menjadi mari kita bergabung dengan kita. Aneh kan? 

Setelah tahu letak kesalahannya, sekarang mari kita benarkan sama-sama. Kamu mungkin berpikir untuk mengubahnya menjadi "Let's join". Kalau ini secara grammar benar. Tetapi maknanya berubah menjadi "mari kita bergabung. Konteksnya itu seperti kita mengajak seseorang untuk sama-sama bergabung. Misal mari kita gabung dengan tim  mereka. Sedangkan tujuan awal frasa ini adalah mengajak orang lain bergabung dengan kita.

Misal diubah lagi menjadi "Let join us". Nah, ini beda kasus, kata "let" dapat memiliki makna lain jika dia nggak disandingkan dengan "us". So, ini juga salah.

Simpel sebenarnya. Kamu hanya harus menulis "Join us". That's all. Kalau mau ada kata "let's", maka itu berarti kamu mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu bersama-sama dengan dirimu. 

Dalam bahasa memang tidak ada benar dan salah. Hanya ada lazim atau tidak lazim. Proses kita belajar bahasa berarti proses untuk mengetahui mana sih yang lazim. Jika kamu masih bingung dengan masukan ini atau kamu tahu mengenai frasa lain yang sering salah, please write it down in the comment column. Thank you!

2 komentar:

  1. yaps, frasa diatas memang salah..
    tapi seperti apa yang kamu bilang, english language nggak ada yang salah dan nggak juga melulu benar hanya saja adanya lazim atau nggak nya. Simple, grammar lah yang bikin menjadi lazim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan alangkah baiknya, berusahalah menggunakan yang lazim. Semangat belajar.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.