Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik beserta Alasannya

Agustus 27, 2018
Saat aku kuliah sekitar 2 tahun lalu, aku masih ingat kalau mata kuliah translation itu adanya di akhir semester dan memang pas untuk dipelajari di akhir. Sebenarnya kamus bukan hanya digunakan untuk masalah penerjemahan karena kamus itu enggak selalu dua bahasa. Enggak selalu dari bahasa sumber ke bahasa sasarannya.


kamus bahasa Inggris terbaik
pexels.com

Kamus awalnya hanya berkembang secara offline dalam artian dia berbentuk buku saja yang tebal dan lumayan memakan tempat di dalam tas. Ada juga istilahnya kamus pocket yang lebih simpel dan kecil. 

Tapi, di masa gawai berjaya seperti sekarang ini, kamus elektronik, digital, online jelas lebih digemari. Ada banyak sekali pengembang yang membuat aplikasi kamus online bahkan offline untuk Android maupun iOS. 

Nah, menurut pengalamanku dan saran dari dosen, ini nih rekomendasi kamus bahasa Inggris terbaik paling recommended sesuai dengan 2 kelompok besar aliran bahasa Inggris.

Aliran Bahasa Inggris


Sebelum bahas to the point mengenai referensi kamus dari aku, sebaiknya aku remind dulu mengenai aliran bahasa Inggris ya. Aliran bahasa Inggris ini ada banyak sekali seperti Australian English, Irish English, dan lain-lain. Namun, hanya ada 2 aliran yang paling besar yaitu American English dan British English.

Hadirnya berbagai bangsa dari berbagai negara ke Amerika telah membuat munculnya aliran baru atau rasa baru dalam bahasa Inggris yang dinamakan dengan American English. American English ini tentu berbeda dengan bahasa Inggris murni atau yang disebut dengan British English.

Apa Perbedaan Antara Keduanya?


Banyak banget sebenarnya perbedaan British English dan American English. Salah satu yang paling terlihat itu ada di pengucapan. Sebagai contoh, orang Amerika akan mengatakan bunyi “r” dengan fasih dan terdengar exaggerate. Sedangkan British malah enggak terdengar “r”-nya. 

Perbedaan kedua terletak pada spelling. Contohnya kata color dalam Amerika tapi orang Inggris akan menuliskannya dengan tambahan “u” menjadi colour dan sebagainya.

Perbedaan juga terjadi pada vocabulary yang lazim mereka gunakan. Misal untuk menyebut liburan, orang Amerika lebih banyak menyebut “vacation” sedangkan orang Inggris lebih banyak menggunakan kata “holiday”. Amerika lebih sering menggunakan kata “movies” sedangkan Inggris “films”.

Apa lagi yang beda? Grammar-nya juga beda lo. Contoh paling simpel adalah pada kalimat saat kamu ingin menanyakan punya berapa saudara. Orang Amerika lebih banyak memakai kalimat ini, “Do you have any siblings?” sedangkan orang Inggris “Have you got any brothers or sisters?”.

Jadi, sebaiknya, tentukan terlebih dahulu aliran mana yang mau kamu pelajari lebih utama. Tapi bukan berarti kita sama sekali enggak mau tahu aliran yang lainnya. Kita tentu perlu tahu, tapi untuk fokus dipelajari, sebaiknya pilih salah satu dulu. 

Kamus yang Baik adalah Kamus English to English


Kalau kamu sudah menentukan ada di aliran bahasa Inggris yanng mana kamu, maka selanjutnya adalah dengan menyadari bahwa kamus yang baik untuk digunakan itu adalah kamus yang dari bahasa Inggris ke bahasa Inggris pula. 

Jadi, saat kamu mencari arti dari sebuah kata, pengertian yang muncul adalah dengan deskripsi simpel dalam bahasa Inggris juga. Ini mungkin agak sedikit membebani bagi pembelajar pemula. Tapi, percaya deh, cara ini tuh paling ampuh untuk menambah kosakatamu karena dengan mencari arti satu kosakata, kamu akan dapat banyak kosakata lainnya.

Jangan biasakan jalan pintas. Belajarlah menyerap arti dari sebuah kata dengan cara yang berbeda. Enggak selalu dengan bantuan bahasa ibu kita. Yakin deh, kamu akan jadi pembelajar bahasa Inggris yang hebat dengan cara ini.

Seorang guru pernah mengatakan, saat kita belajar dengan keras, maka nanti praktiknya akan sangat mudah. Berbeda jika kita belajar dengan kendor, lemah dan manja. Maka praktiknya akan masih membebani kita.

Oxford Dictionary of English


Nah, jadi ini dia kamus yang kurekomendasikan. Kamus yang satu ini famous banget. Ini kamus yang paling pas untuk kamu yang mempelajari British English. Kamus ini bisa langsung diunduh di Playstore ataupun App Store. 
 
Kalau malas instal aplikasi, kamu juga bisa langsung mengunjungi alamat en.oxforddictionaries.com untuk Inggris ke Inggris dan di alamat id.oxforddictionaries.com untuk Indonesia ke Inggris. 

Kamus ini dilengkapi dengan suara (pronunciation) dalam logat British tentu saja beserta simbol fonetik, contoh kalimat dan frasa, dilengkapi juga dengan Word of the Day, Trending Words, sejumlah artikel dan Quizzes & Games.

rekomendasi aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik


Merriam-Webster’s Dictionary and Thesaurus


Untuk pengikut aliran American English, kamus Merriem-Webster’s Dictionary and Thesaurus ini paling the best. Seperti kamus-kamus lainnya, kamus ini juga dilengkapi dengan pronunciation dalam logat Amerika beserta dengan simbol fonetiknya dan beberapa contoh kalimatnya. 

Seperti namanya, kamus ini juga dilengkapi dengan Thesaurus yaitu sinonim dan antonim dari kata yang kita search. Ada games juga seperti Weekly Challenge dan Word Games. Ada Word of the Day juga. 

Ada pula fitur Recent yang memungkinkan kita untuk mengakses history pencarian kata yang pernah kita lakukan sebelumnya. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengakses kamus trusted ini di www.merriam-webster.com.


kamus bahasa Inggris terbaik

kamus American English

kamus bahasa Inggris terbaik

Kesimpulan


Jadi, kedua kamus ini kalau dari segi fitur itu mirip sekali dan sama-sama lengkap, bagus, dan yang paling penting adalah memiliki simbol fonetik internasional dan sah digunakan. Phonetic transcription itu adalah simbol bunyi. 

Sistem phonetic yang paling bagus itu adalah International Phonetic Alphabet (IPA) yang sudah sangat mendunia dan sistem phonetic Trager-Smith yang populer sekali di Amerika. Kamus Oxford itu memakai IPA sedangkan Merriam Webster memakai Trager-Smith.

Bisa dikatakan bahwa dua kamus bahasa Inggris terbaik ini enggak akan menyesatkanmu dalam belajar bahasa Inggris. Berbeda dengan kamus lainnya yang belum jelas sistem phonetic-nya, atau bahkan enggak lengkap definisi katanya. Hal ini pernah aku buktikan sendiri dan sejak saat itu aku commit memakai 2 kamus ini saja.

So, all you have to do is just menentukan aliran bahasa Inggrismu, unduh aplikasinya and enjoy! Happy learning!

23 komentar:

  1. Wah.. Ak tipe yg mana y? Kyknya tanpa disadari ak lbh ke british. Hihi. Kdg klo lg pengen buka kamus tp modal cm hp doang ak lari ke google translate. Tp bnr sih, rada kurang sreg buat otak kyk ak. Haha. Pengen install ini jg tp bngng aplikasi ap lg yg hrs dihapus spy muat. Huhu

    BalasHapus
  2. Nisa baru tau ada app kamus oxford 😂 cuma punya kamus oxford nya aja. Eh udah maju ya sekarang teknologi nya. Bdw ini artikel bagus banget ka eca. Jadi ada gambaran buat install app kamus inggris yang ada IPA nya 😊

    BalasHapus
  3. Wah infonya penting bgt nih, wah ternyata ada 2 macam yah american sama british

    BalasHapus
  4. Aku masih belum tahu apa aliranku dan aku juga belum pernah install keduanya Ca, tapi kakakku punya kamus saku Oxford. Itu isinya kamus online dan offline sama ya?

    BalasHapus
  5. Oxford dictionary itu emang famous banget ya. Soal fonetik aku jadi ingat kanal youtube nya sacha stevenson yang isinya ngebahas bahasa inggris para artis dan ngajarin pelafalan yang betulnya gimana

    BalasHapus
  6. Jadi selama ini aku berada di aliran "Inggris" neh kayaknya bukan yg amrik dan kamus yg digunakan juga memang biasa yg british itu. Okay okay, gini ku sedikit mengerti hehe

    BalasHapus
  7. baru tau deh ada aplikasi ini.. dan sepertinya aku masih gak tau masuk aliran yt mana.. hahahaa.. mau coba download keduanya deh

    BalasHapus
  8. Paling suka Australian inggris soalnya banyak slangnya kayak sunglasses jadi sunies :D aksen british juga suka dengernya.

    Makasih rekomendasinya ya, selama ini kebanyakan kamus mengarah ke inggrisnya Amerika setauku. Ternyata ada juga yang menyesuaikan aliran inggrisnya.

    BalasHapus
  9. Kamus yang baik English to English. Aku baru tau ya Oxford mengeluarkan apps. Selama ini hanya Google translate saja. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  10. Dengan aplikasi kamus bahasa inggris tidak perlu lagi bawa kamus yang tebal dan berat

    BalasHapus
  11. Kalau daku lebih suka grammar asli bahasa Inggris, karena lebih enak di dengar dan to be nya jelas terucap

    BalasHapus
  12. Waah makasih reviewnya mom. Aku selama ini pake google translate aja hehe. Meskipun kadang ada yg ga sesuai, aku pasti cek ulang .

    BalasHapus
  13. Wah baru tau kalo kamus yg baik itu english to english. Dulu mah asal belajar aja.

    BalasHapus
  14. Memudahkan banget ya buat memperkaya kata bahasa inggris tanpa perlu bawa kamus berat kemana2

    BalasHapus
  15. Wah boleh banget dicoba nih kadang jujur saja saya masih suka buka kamus dari handphone untuk mencari kata-kata yang jarang saya dengar atau merasa agak aneh di telinga.

    BalasHapus
  16. Jadi ingat dulu guru les bahasa inggris saya menyuruh saya pakai kamus inggris ke inggris oxford. Eh, ternyata sekarang ada aplikasinya, makin canggih ajaa deh sekarang

    BalasHapus
  17. Ikhhhh mba. Makasih banyak ya. Saya lagi butuh banget aplikasi kayak gini. Soalnya saya ada niatan mau bljar bhs inggris

    BalasHapus
  18. Ada aplikasi nya ya mba, saya kalau kesulitan terjemahkan bahasa inggris atau bahasa lainnya yang dibuka ya google translate aja.. Kudet nih, makasih infonya mba.

    BalasHapus
  19. Oxforf dictionary ku juga pake kak, dan memang sangat membantu untuk butuh arti dalam waktu singkat.

    BalasHapus
  20. Sangat membantu yaa.. kalo aku selama ini cuma pake google translate makanya belepetan translasinya haha.. kapan-kapan mau coba instal ah

    BalasHapus
  21. Aku baru denger in mbak, daku masih ngandelin kamus biasa sama kadang google translate yampun sekarang apapun udah mudah dan mobile ya

    BalasHapus
  22. Ada ya kamus bahasa Inggris kaya gini, saya biasanya kl mau cek bahasa Inggris paling tanya mama google ����

    BalasHapus
  23. thanks for the recommendation sensei, been a long time. Wish everything good.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.