Review Jenius dari BTPN, Rekening Paling Simpel yang Pernah Ada

Agustus 04, 2018
Pertemuanku dengan Jenius berawal dari e-mail renewal perpanjangan domain yang aku sewa dari Namecheap. Karena perusahaan penjualan nama domain dan web hosting ini merupakan perusahaan luar negeri, jadi segala transaksi dilakukan dengan mata uang asing yaitu Dollar Amerika Serikat.

Solusi pertama yang aku pikirkan saat itu adalah membuat PayPal. Tapi, kemudian temanku menyarankan cara lain untuk melunasi pembayaran tersebut. Muncullah kata “Jenius”. Awalnya masih sangat asing. 

Jenius dari BTPN


Aku browsing dan membaca beberapa review dan akhirnya aku putuskan untuk membuka rekening Jenius dari BTPN ini. Guess what, it was surprised me a lot. Aku enggak pernah menyangka sebelumnya bahwa si Jenius ini bahkan menawarkan layanan lebih dari yang aku harapkan.

Berikut aku rangkum key points yang aku paling suka dari Jenius dan kenapa Jenius berbeda dengan rekening lainnya. 

1.    Membuka Rekening Cukup dengan Foto-Foto


Zaman sudah berbeda. Membuka rekening dengan harus mendatangi kantor cabang terdekat itu rasanya berat. Berbeda dengan Jenius ini. Aku cuma perlu cekrek-cekret sebentar dan jadi deh. Jadi step-nya itu, kamu undah dulu aplikasi Jenius.

Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store ataupun App Store. Setelah mengunduh, tinggal isi data, foto KTP, foto diri dan NPWP. Saat buka rekening ini, aku belum punya NPWP. Tapi, ternyata Jenius sama sekali enggak memberatkan. Kamu bisa upload foto NPWP belakangan saja. 

Setelah itu, kamu perlu memverifikasinya. Untuk daerah tertentu, kamu bisa menunggu di rumah saja dan pihak bank akan datang ke rumah. Unluckily, aku berada di kota yang belum bisa dijangkau oleh layanan tersebut dan akhirnya aku harus mendatangi kantor BTPN terdekat.

Kebetulan kantornya dekat banget dengan rumahku dan prosesnya hanya berjalan beberapa menit. In a blink of an eye, rekening sudah berhasil diverifikasi. Bagaimana dengan kartu ATM-nya? Nah kartu ATM ini akan dikirim langsung ke rumah dalan waktu cepat.

Kalau enggak salah waktu itu aku cuma menunggu 4 hari. Aku dapat amplop ungu berisi kartu dan panduan aktivasi kartu yang diantar oleh ekspedisi Si Cepat. Proses aktivasi kartu dilakukan oleh kita sendiri di aplikasi Jenius. 

Caranya simpel banget. Kamu cuma perlu memasukkan kode CVV di belakang kartu dan membuat PIN ATM. Selesai deh. Udah berasa jadi banker aja. Hehe. Panduan cara aktivasi juga sudah disediakan.

review Jenius


2.    Enggak Ada Biaya Admin, Biaya Transaksi dan Saldo Minimum


Say “wow” please. Poin kedua ini yang paling membuatku jatuh hati dengan rekening satu ini. Ingat baik-baik ya kalau Jenius itu enggak ada hal-hal yang membuat kita jengkel.
  • Enggak ada biaya admin bulanan yang rutin memotong saldo tiap bulan.
  • Enggak ada saldo minimum. Kamu enggak akan pernah menemui saldo yang enggak bisa digunakan. Kamu bahkan bisa buka rekening dengan 0 rupiah alias enggak perlu saldo awal.
  • Enggak ada biaya kartu. You can get the card for free. Yay!
  • Enggak ada biaya penalti.
  • Enggak ada biaya pembukaan atau penutupan akun.
  • Enggak ada biaya pembayaran tagihan.
  • Gratis biaya transfer ke bank manapun dan gratis biaya penarikan tunai di ATM sebanyak 25 kali di setiap bulannya.
Mari kita soroti poin terakhir. Do you believe that? Enggak ada lagi potongan Rp6.500,00 setiap transfer beda bank. Jatah 25 kali setiap bulan itu banyak banget menurutku. Kebutuhanku adalah transfer minimal 12 kali dalam sebulan. Maksimal mungkin 18 kali (untuk saat ini) dan enggak pernah kena biaya sepeser pun. 

Oh ya, selain itu, setiap bulannya Jenius juga memberikan free transaction untuk penarikan tunai di ATM bersama. Jadi penarikanmu tidak akan dikenai biaya selama 25 kali dalam sebulan. Kamu bisa mengecek kuota transaksi gratis kamu ini di menu Free Transaction. 

Jenius Free Transaction
Add caption

3.    Transfer Jauh Lebih Mudah daripada I-Banking atau Mobile Banking


Kalau di i-banking, kita mengenal yang namanya token. Token dikirim ke nomor kita dengan menyedot pulsa kita sendiri. Belum lagi ada kendala, token kadang enggak masuk dalam waktu dekat. Sedangkan m-banking harus konfirmasi melalui SMS. Kurang tahu sih kalau m-banking, soalnya aku bukan user. Aku lebih ke i-banking sebelumnya.

Dengan Jenius, transfer is so much more easier than that. Kamu cuma perlu aplikasi itu, tinggal pilih bank tujuan, cek nama pemiliknya. Kirim deh. Kalau beda bank juga enggak perlu kamu cari tahu kode bank tersebut. 

Bahkan transfer akan jauh lebih mudah untuk sesama pengguna Jenius. Setiap akun Jenius punya yang namanya $cashtag yang bisa kita atur sesuka hati. Contohnya cashtag-ku adalah $hairun_nisa dan rekanku yang juga memakai Jenius bisa langsung transfer hanya dengan mengetik cashtag tersebut.

cashtag Jenius

4.    Bisa Digunakan untuk Transaksi Mata Uang Asing


Nah, di atas sudah aku singgung masalah transaksi dollar ini. Ketika kita membuka rekening Jenius dan sudah melakukan verifikasi, kita sudah punya 2 kartu. Satu disebut m-card dan satunya lagi e-card. Nah e-card ini sama dengan virtual card dan fungsinya menyamai kartu kredit dan bisa dipakai untuk transfer mata uang asing. 


e-card Jenius

Menyambung cerita renewal domain yang di atas, jadi aku langsung melakukan transfer dari saldo m-card ke e-card sebanyak Rp200.000,00. Biaya yang aku perlukan untuk renewal itu adalah sekitar $14. Saat melakukan pembayaran, aku hanya perlu menuliskan CVV dan nomor kartu lalu otomatis saldo yang ada di virtual card itu langsung ditarik sesuai besaran pembayaran.

Nah, sisa uang di e-card itu aku transfer balik lagi ke m-card karena memang kebutuhanku saat itu memang hanya untuk bayar sewa domain. Toh, suatu saat nanti aku bisa isi saldo e-card aku lagi dengan mudah.

Si e-card ini tentu bisa digunakan untuk transaksi mata uang asing lainnya. Cocok nih buat kamu yang suka belanja produk luar juga. Enggak perlu lagi deh convert mata uang.

5.    Bisa Dipakai Beli Pulsa Tanpa Tambahan Biaya


Kalau beli pulsa di kios, pasti kena tambahan biaya kan mulai dari 2 ribu rupiah. Malah beberapa agen katanya sudah naik harganya. Nah, Jenius ternyata juga bisa dipakai buat beli pulsa. 

Hanya dengan sentuhan jari, pulsa sudah masuk ke nomormu. Tersedia pulsa 3, Indosat, Telkomsel, Smartfren dan XL/Axis dengan nominal minimal 25 ribu dan maksimal ada yang 200, 250 dan 300 ribu rupiah. Saldo kita akan dipotong sesuai jumlah nominal yang kita pilih tanpa tambahan biaya.

bayar tagihan Jenius


Kalau aku pribadi, pulsa yang paling sering aku beli melalui aplikasi Jenius ini adalah pulsa Smartfren untuk modem Andromax yang aku pakai sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa bayar tagihan listrik & air seperti PDAM, Palyja, AETRA. Bisa dipakai juga untuk bayar tagihan kartu kredit, tagihan telpon, transportasi, TV dan internet. 

6.    Satu Rekening Bisa Dapat 5 Kartu ATM Langsung


Kalau kita masuk ke menu Card Center, kita akan melihat menu “Kartu Baru” di bagian ujung kiri. Nah, ini disebut dengan x-card. Kita bisa menambah 4 kartu dengan 4 warna yang berbeda. Ada breezy blue, fresh green, purple, dan satu lagi warna biru untuk khusus GPN.

x-card Jenius


X-card ini sebenarnya sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang bisa kamu sesuaikan. Namun, utamanya x-card ini digunakan untuk budgeting karena kita bisa mengatur limit masing-masing kartu dan bisa mengalokasikan uang untuk tujuan tertentu yang lebih spesifik.

Misalnya saja, aku kemarin request x-card dan memilih purple dengan kukasih nama panggilanku yaitu Eca. Datang dalam waktu 4 hari melalui ekspedisi Ninja Xpress. Rencananya aku akan menggunakan card itu untuk budgeting biaya belanja bulanan supaya enggak kalap. X-card ini bisa langsung kamu namai seusai keperluan misalnya dengan memberi nama “Uang Makan” atau lainnya. Suka-suka kamu.

x-card Jenius


Dengan adanya tambahan kartu ini, kamu bisa menggunakannya misal satu untuk uang makan, satunya lagi dana darurat, yang lainnya untuk kebutuhan nongkrong dan hobi dan lain-lain. Keuangan pun bisa diatur dengan baik.

Jadi, kita enggak perlu lagi membuka berbagai rekening di berbagai bank hanya untuk masalah mengatur keuangan. Keuanganmu bisa kamu atur sendiri dengan cerdas dengan adanya Jenius ini. X-card ini juga bisa kamu berikan kepada anak, istri atau siapapun itu dan kamu pemilik Master Card bisa memantau in and out alias pengeluaran dari x-card kamu tersebut. 

review Jenius BTPN


Apa Lagi Kelebihan dari Jenius?


Enggak sampai di situ saja. Masih ada fitur lainnya. Salah satu yang paling dibutuhkan untuk budgeting adalah fitur Save It. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan uang untuk kebutuhan yang lebih spesifik. 

Ada 3 macam fitur di dalam menu Save It yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Ada juga fitur Split Bill yang memungkinkanmu untuk membagi tagihan (bill) bersama beberapa orang teman di kontakmu. 

save it Jenius


Kita juga bisa dengan mudah memantau rekening koran dengan tampilan dan sebutan yang lebih kekinian yaitu In & Out dan e-statement. E-statement berisi laporan keuangan yang diterbitkan setiap bulan. Selain itu, kamu juga bisa memblokir kartumu kapan saja. Kartu yang manapun itu. 
 

e-statement Jenius

Gimana Keamanannya?


Dengan segala fitur yang bisa membuat kita serasa jadi banker itu, mungkin banyak dari kamu yang nanya keamanannya. Relax, Jenius ini dari Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang Jenius, silakan leave your comment below atau langsung kunjungi official website Jenius Connect di www.jenius.com. Jadi, setuju enggak kalau Jenius adalah rekening paling simpel yang pernah ada?

69 komentar:

  1. Wow nggak kena potongan buat transfer. Jadi pengen langsung buka rekening. Hihi. Aku dulu tahunya jenius ini buat reksadana aja. Ternyata banyak ya manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka mbak...
      Selain yang di atas ini pun sepertinya masih ada manfaat lainnya. Harus coba sendiri deh mbak. hee

      Hapus
  2. Masih banyak fitur lainya dari jenius yang bisa diexplore dan juga fitur baru yang paling baru itu GPN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget... Fiturnya memang super lengkap.

      Hapus
  3. waw review nya lengkap banget, mulai dari pengalaman pake paypal sampe keamanan menggunakan BTPN Jenius pun ada! btw, sebenernya juga diriku udah lama mau pake bptn jenius cuma waktunya belum sempet ngurus -_- sebenernya sih online juga bisa tapi kebentur terus sama deadline hahaha

    enak banget ya pake btpn, sebelas dua belas sama paypal. kalo begitu sempet" in bikin ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paham sih.. secara kamu kerjaannya juga online kan. Wajar aja kalau hal-hal yang online harus ada di daftar tunggu dulu. Buat to do list lah. Sempetin..

      Hapus
  4. Hai, Mbak Eca.
    Terimakasih sudah mengingatkan ternyata ada fitur isi pulsa di jenius, karena kemarin sudah panik mencari isi pulsa. hehehe:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Rizky..
      Sama-sama mbak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  5. Wow si jenius jadi simple banget ya soalnya setau aku btpn hanya untuk pensiunan aja, ternyata keren dech

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mbak. BTPN malah juga cocok banget buat anak muda.

      Hapus
  6. Keren ya jenius..akupun buka rekening juga disana. Salah satunya krn no admin utk tranfer antar bank hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang alasan sebagian besar orang memakai Jenius ya Mbak.

      Hapus
  7. Harus nyobain dulu biar tau manfaatnya. Tapi beneran gak ada potongan? Saya ada bikin tabungan bank lain yg katanya gak ada potongn, tapi kok masih ada potongan. Mau komplain blm sempat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah memakai rekening ini hampir setengah tahun dan selama itu memang murni no potongan mbak. Malah dapat keuntungan macam promo, diskon, dll.

      Hapus
  8. Wah, bisa gini juga ya Mbak? baru tau ada rekening model gini, thanks infonya. Sangat bermanfaat... Ntar mau nyobain buka rekening juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak.. selamat bergabung dengan Jenius. Hehe

      Hapus
  9. Mudah banget yah jaman now, buat rekening tinggal foto aja. Nggak perlu lagi dateng langsung. Apalagi bebas biaya admin ini nih, yang dicari 👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prediksiku ini bakal jadi rekening sejuta umat mbak. Soalnya pas banget untuk masa sekarang.

      Hapus
  10. Wah, asyik banget ya ga dapat potongan buat transfer. Sebab meski kesannya kecil, klo sering dihitung lumayan banget bea transfer itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, true mbak. Apalagi buat pebisnis yang suka transfer kemana-mana.

      Hapus
  11. Mba..ATM nya apakah bisa kita pergunakan di Luar Negeri ya ? Utk ambil cash di ATM LN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Mbak bisa melakukan tarik tunai di ATM manapun yang berlogo VISA.

      Hapus
  12. Harus oake NPWP ga sih mba? Aku smpt nyerah daftar krn aoa gtu ya kmrn lupa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga mbak.. kenapa saya bilang begini, karena beberapa bulan tanpa NPWP itu masih bisa digunakan kok mbak. Oh ya, syarat pembuatan NPWP juga sebenarnya mudah lo mbak. Carana bisa dibaca di artikelku sebelumnya.

      Hapus
  13. Mba waktu awal beli domain ke perusahan domain luar negeri gtu, ga ribet? Aku aja waktu pertama kali yang dalam negeri. Agak ribet, karena akunya kudet sih hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelian pertama kemarin sebenarnya ada bantuan dari temen mbak. Soalnya waktu itu aku masih pemula juga. Hehe.. Nanti aku share pengalamannya kalau ada beli lagi dalam waktu dekat.

      Hapus
  14. Wow keren banget, ada syariahnya gak yah... pasti aku mau banget nih... Jadi inget dl mau buka rek di C*MB Syariah ditolak gegara gak punya fix line : D

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTPN syariahnya ada mbak.. tapi untuk Jenius kayaknya umum deh mbak.

      Hapus
  15. Keren, bisa bikin x-card. Jadi bisa nganggarin uang jajan adik, atau orang tua, dgn lebis sistematis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Exactly! Nggak perlu buka rekening baru lagi.

      Hapus
  16. Ini ga ada potongan apapun? Wah keren banget. Jadi nabungnya aman bangeet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeap bener mbak. Tanpa ada potongan apapun.

      Hapus
  17. Wah banyak banget kelebihannya.Tidak memberatkan sama sekali dan dipermudah. Jadi mau punya Jenius juga:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk langsung bikin. Gampang banget lo bikinnya.

      Hapus
  18. Kebutuha sang eca ya minimal 12x transfer beda bank. Uhuk2. Kepada siapa saja kah itu? Haha. Btw, gilaaa byk banget tyt kelebihannya. Aku suka lah intinya dy simple banget n mumer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mbak Winda ini jeli banget. Hehe..
      Nah, tapi setuju kan kalau ini rekening paling simpel.

      Hapus
  19. di kota saya juga ada bank ini
    tapi blm kepikiran tuk buka rekening di sini
    saya pikir khusus tuk pensiunan saja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surprise mbak. Hehe.. ada produk buat anak muda dan generasi sekarang juga.

      Hapus
  20. Waaa gak ada fee klo transfer antar bank ya? Lumayan tuh. Meskipun nilainya hanya 6.500, tapi berasa juga klo beebrapa kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Lagian sekarang susah ketemu sama yang sama bank-nya.

      Hapus
  21. Sudah lama dengar jenius tapi baru sekarang dapat penjelasan lengkap dari eca

    BalasHapus
  22. ahei, aku dan suamiku pake jenius ini mbak! Awal denger tentang jenius sih di acara nya ISB. Super simple, jadi mudah untuk bagi-baginya. I love jenius!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ketemu sama-sama pengguna Jenius nih. Yay

      Hapus
  23. Dengan adanya jenius ini, segala kemudahan tampaknya akan diporeleh ya. Aku pernah lihat promonya di kantor mba tapi belum pernah mencoba. Tapi ntar mau nyoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus coba mbak, soalnya nggak ada setoran awal ini yakan.

      Hapus
  24. Wah keren jg ya Jenius ini bisa jadi Paypal. Blogger adsense pasti butuh nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. True!!! Ini sahabatnya blogger mbak.

      Hapus
  25. Asik banget gak ada biaya admin dan minimal saldo nya. Punya aku, saldo minimalnya 100rb. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget padahal itu mbak. Mayan seratus.

      Hapus
  26. Reviewnya lengkap banget dan jadi nambah pengetahuan ttg kelebihan Jenius. Kebetulan saya juga udah punya, tapi taunya buat nabung doang. Makasi untuk tulisan yang lengkap ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah membaca tulisan panjang ini mbak.

      Hapus
  27. Kapan waktu itu aku pernah instal app Jenius, gara2 tertarik sama klaimnya yg bisa jadi pengganti credit card. Tapi trus nggak keurus dan 'kada teanyaki' lagi, jadi kuinstal ��

    Btw, beneran ini bisa dipake buat transaksi mata uang asing? Wah, kalo gini mah bakal terpecahkan masalahku yg selama ini ga bisa beli novel impor gara2 ga punya credit card. Cuss ah aku bikin juga ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneran mbak bisa. Cus bikin rekeningnya dulu. Gratis juga bikinnya mbak. jadi nggak bakal rugi.

      Hapus
  28. Produk baru dr BTPN ya. Mantep nih serba digital jdnya sampe masalah keuangan pribadi pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Agustus ini baru 2 tahun.

      Hapus
  29. Nggak ada pemotongan kalau transfer antar bank itu idaman rekeningku. Lumayan juga kan 6500 buat bayar ojek online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. setuju banget. Mayan buat mesen makanan ya mbak. Nyiahaha

      Hapus
  30. Bisa dapet beberapa kartu lah �� mantepp banget kak. Membantu solusi untuk tf dalam bentuk mata uang asing �� recomeended buat pencinta barang barang luar, biar mudah transaksi nya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.. dan recommended juga nih buat mahasiswa. Yuk ah buat juga. he

      Hapus
  31. Aku baruuu aja mau daftar mbak. Emang bagus yaa kata orang orang juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bergabung kalau gitu mbak dan buktikan sendiri. hee

      Hapus
  32. gak ada saldo minimum dan gak ada saldo awal tertentu untuk buka rekeningnya? ah asik banget sih ini ya.. bagus buat inovasinya BTPN! ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya kayak "masa sih" gitu. Ternyata emang bener.

      Hapus
  33. Aku langsung tertarik begitu melihat poin tidak ada biaya admin dkk. Jenius dan hemat nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu poin plus-nya emang di situ ya mbak Leha.

      Hapus
  34. Wah tulisannya lengkap. Kalo bank lain transfer ke rekening kita, bebas potongan juga ga?

    BalasHapus
  35. semakin ingin membuat jenius huhu

    hai Eca, salam kenal hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.