Beragam Jenis dan Fungsi dari Pipa Air

Februari 28, 2019
Apa yang terbayang dipikiran anda bila mendengar kata Pipa air atau jenis pipa lainnya? Pada dasarnya pipa bisa kita jumpai dibeberapa tempat, bisa rumah, di gedung-gedung tinggi, bahkan dipinggir jalan raya sekalipun, ada pipa yang berukuran kecil ada pula yang berukuran besar. ada yang terbuat dari besi adapula yang terbuat dari plastik, Lalu apa sih fungsi dari pipa itu sendiri.



Fungsi dari pipa itu sendiri adalah sebagai media untuk saluran air, tanpa adanya pipa, air yang awalnya berada di sumur maupun sungai tidak akan bisa dialirkan ke tempat lain. Sebagaimana yang kita ketahui contohnya saja di perumahan kini sudah banyak yang menggunakan pipa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, yang paling umum yaitu pengguanaan pipa untuk saluran air bersih dan saluran air kotor.

Pipa HDPE


Pipa HDPE, pipa jenis ini paling umumnya digunakan untuk saluran air bersih, saluran air bersih ini biasnaya digunakan untuk makan, minum, atau digunakan sebagai keperluan sanitasi seperti mandi, mencuci. Ukuran Pipa HDPE ini tidak terlalu besar, tetapi memiliki material bahan yang ringan, tidak mudah retak, fleksibel, dan kuat terhadap tekanan air hingga mencapai 10 Kg/Cm2 serta tahan terhadap suhu panas dan diingin, dan bahan-bahan kimia.

Pipa PVC


Pipa PVC ini bisa dikatakan jenis pipa paling bagus, karena sifatnya yang kuat, ringan, tebal, keras, tahan terhadap suhu panas, dingin, tahan terhadap bahan-bahan kimia, dan tidak berkarat, bahkan lebih bagus dari pipa besi. Karena itulah banyak orang yang lebih memilih jenis pipa ini ketimbang pipa lain. bila anda melihat pipa yang ada di jalanan dan gedung-gedung besar itu semunya menggunakan pipa PVC. Dan Pipa PVC ini idealnya digunakan sebagai saluran air limbah dari toilet, air bekas mandi dan bekas cucian, dll.

Pipa selain berfungsi sebagai media saluran air bersih dan saluran air kotor, ternyata pipa bisa digunakan untuk melindungi kabel-kabel yang rawan terkena  gangguan dari luar, seperti terinjak, tersiram, digigit binatang, hal-hal seperti itu bisa menyebabkan kabel menjadi cepat rusak bahkan bisa mengalami korsleting dan itu bisa membahayakan keselamatan orang-orang sekitar. Idealnya pipa yang digunakan tidaklah terlalu besar,hanya saja disesuaikan dengan ukuran kabel.

Semoga setelah membaca artikel ini anda tidak merasa kebingung lagi dalam memilih jenis pipa mana yang cocok digunakan untuk kebutuhan interior rumah anda.

4 komentar:

  1. ya ampun ini kerjaan aku banget tulisannya. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tadi pas awal baca judulnya jadi mikir, apa Eca ini kerjanya sama kaya Antung kah. Heee

      Btw jadi nambah ilmu nah di dunia per pipa an.

      Hapus
  2. Ohhh gitu baru tau, hihi... tau nya cuman pipa kecil buat nyalurin air yg biasanya dirumah-rumah aja. Wkwwkk

    BalasHapus
  3. Setidaknya jadi tahu Macam Macam nama pipa wkwk

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.