Fakta Minum Susu yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Juni 25, 2019
Susu merupakan salah satu minuman paling bergizi dan bermanfaat di dunia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa meminumnya, terutama susu cair. Banyak manfaat yang diterima tubuh setelah meneguk segelas susu. Tahukah kamu ternyata susu ini mengandung banyak mitos.

Hal ini bukan tanpa sebab, misalnya "Kata Mama waktu meminum susu paling baik ketika malam hari. Tetapi kenyataannya ternyata tidak demikian." Berikut fakta meminum susu yang sangat menarik untuk disimak.

susu penambah berat badan
pexels.com

4 Fakta Meminum Susu


1. Baik Diminum Kapan Saja


Mungkin dari kecil banyak orang tua memberikan susu kepada anaknya ketika akan tidur. Alasan utamanya karena waktu terbaik minum susu ketika malam hari. Mereka mengatakan kamu akan tidur lebih nyenyak dan susu penambah berat badan.

Sebenarnya kamu dapat mengonsumsinya kapan saja, karena tidak ada pengaruhnya. Kandungan gizi yang banyak dalam segelas susu dapat membantu aktivitas berjalan lancar. Selain itu, meminum susu kapan saja dapat menguatkan tulang dan menambah kekuatan otot. Bahkan peredaran darah bertambah lancar setelah sering mengonsumsi susu.

Susu sangat direkomendasikan untuk diminum setiap hari karena mengandung berbagai nutrisi penting. Para ilmuwan mengatakan, mengonsumsi susu lebih baik sehat dibandingkan air mineral. 

2. Boleh Diminum Bersamaan dengan Obat


Banyak yang mengatakan susu dapat menawarkan khasiat obat. Oleh sebab itu, sebaiknya minumlah susu beberapa jam setelah mengonsumsi obat. Asumsi demikian tidaklah benar, faktanya susu mampu mengurangi efek samping dari iritasi lambung yang disebabkan obat-obatan.

Kamu bisa saja meminum obat bersamaan dengan susu. Akan tetapi tidak dianjurkan untuk obat antibiotik. Sebab, penggabungan susu dan antibiotik dapat membuat zat yang tidak bisa larut dan sulit diserap tubuh.

3. Boleh Dikombinasikan dengan Teh dan Kopi


Beragam mitos dari orang awam menyebut susu dicampur teh atau kopi tidak baik untuk kesehatan. Apalagi orang yang sedang menjalani program diet, sangat tidak dianjurkan. Campuran minuman tersebut dianggap mengandung lemak tinggi. Faktanya, susu dapat digabungkan dengan teh dan kopi asalkan berupa susu sapi segar, bukan hasil olahan pabrik.

4. Alergi Susu Sapi


Ternyata alergi susu sapi bukan disebabkan dari kualitas susu sapi yang buruk. Alergi ini karena adanya intoleransi laktosa yaitu kondisi ketidakmampuan seseorang ketika mencerna gula. Susu sedikit tidaknya pasti mengandung gula (jenis susu laktosa). Dari sinilah orang dewasa dan anak bayi dapat terjangkit alergi susu dalam skala kecil.

2 komentar:

  1. Hahaha bener banget biasanya orang-orang menganggap minum susu malam hari bisa menmabah berat badan yak. Ngomongin minum obat terus minum susu juga aku gak berani sih biasanya. Ternyata bener ya jadinya obat yang kita konsumsi kek gak bekerja gitu.

    BalasHapus
  2. Jadi tak apa ya minum obat bersamaan dengan susu. Tapi somehow, saya sepertinya masih rada takut minum obat barengan sama susu, hahhah. Mungkin karena mitosnya terlanjur nempel kayak prangko XD

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.