Ini Dia Langkah Tepat untuk Menangani Luka Tergores

Juli 13, 2019
Obat luka tidak lengket di kasa
sumber: id.wikihow.com

Kurang berhati-hati terkadang membuat kita tidak sengaja terkena goresan benda tajam dari kaca, pisau, atau benda tajam dan runcing lainnya. Karena hal ini kulit akan menjadi baret ataupun tergores, hingga mengeluarkan darah. Untuk luka goresan yang tidak terlalu parah masih bisa diatasi sendiri. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa perlengkapan P3K sebagai pertolongan pertama.

Untuk mengatasi luka tergores, kamu perlu menyiapkan air putih bersih (bisa air mineral botol), kain bersih, kasa steril, kasa gulung biasa, obat antibiotik dan antiseptik, plester, dlsb. Untuk penggunaan kasa, kamu bisa menyiapkan obat luka tidak lengket di kasa sehingga luka tidak akan menempel pada kasa dan susah lepas. Jika semua perlengkapan P3K tersebut sudah tersedia, kamu bisa melakukan langkah penanganan sebagai berikut:

  1. Hentikan pendarahan dan bersihkan luka di bawah air mengalir yang bersih. Jika ada kotoran yang menyelip di antara luka goresan bisa dibersihkan dengan cara hati-hati. Pastikan tanganmu dalam kondisi bersih saat melakukannya. Hal ini agar kuman atau bakteri dari tangan tidak berpindah ke dalam luka.
  2. Keringkan luka yang sudah dicuci bersih dengan kain kering bersih.
  3. Untuk luka yang terlalu dalam dan khawatir dimasuki oleh debu dan kotoran, sebaiknya tutup dengan kasa steril. Namun sebelumnya bisa kamu oleskan dengan obat antiseptik terlebih dahulu agar tidak mengalami infeksi.
  4. Untuk menutup luka, terakhir gunakan plester. Untuk luka gores yang ringan cukup dengan menggunakan plester kecil saja. Penggunaan plester bertujuan untuk melindungi luka mengalami kerusakan, terbentur, atau terkena kotoran debu atau kuman.

Agar selalu siap sedia jika mengalami kejadian tidak mengenakkan dengan kulit tergores karena benda tajam, ada baiknya kamu selalu siap sedia beberapa perlengkapan P3K baik saat di rumah maupun keluar rumah. Hal ini dimaksudkan agar segera mendapatkan penanganan yang diperlukan. Penanganan yang cepat tanggap akan menghindarkan dari resiko mengalami infeksi pada luka. Nah, bagi kamu yang membutuhkan berbagai kebutuhan obat-obatan dan alat kesehatan lainnya, bisa berbelanja di GoApotik yang merupakan toko apotek online.

Di tempat ini segala kebutuhan obat-obatan untuk menangani penyakit ringan hingga serius sudah tersedia. Karena berupa toko obat online, kamu bisa berbelanja kapanpun dan di manapun hanya dengan mengakses https://www.goapotik.com/. Menariknya, pembelian obat bisa dilakukan 24 jam nonstop. Sehingga saat kamu sedang perlu di waktu kapanpun bisa langsung memesan. Tak hanya itu saja, selalu ada penawaran harga menarik jika berbelanja di toko obat online yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.