Makanan Enak yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Juli 05, 2019
Sedang radang tenggorokan dan tak bisa menikmati makanan kesukaan? Ini alternatif makanan lain yang juga enak dan bikin nyaman.

Radang tenggorokan adalah penyakit menyebalkan yang bikin penderitanya kesulitan makan. Ini karena penyakit tersebut menyebabkan rasa gatal, panas, dan nyeri di tenggorokan yang sungguh menyiksa.

radang tenggorokan


Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat terjadi akibat berbagai hal. Mulai dari infeksi virus, infeksi bakteri, paparan bulu hewan atau serbuk sari bunga, adanya penyakit GERD, hingga kebiasaan berteriak-teriak dalam waktu lama.

“Mereka yang mengalami penyakit itu akan merasa tenggorokannya kering, gatal, panas, hingga nyeri atau kesulitan menelan. Selain itu, dapat pula ditemukan pembesaran kelenjar getah bening di rahang atau leher, dan pembesaran tonsil (amandel),” jelas dr. Karin.

Atas dasar itu penderita radang tenggorokan mesti bijak dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Menurut dr. Karin, berikut adalah beberapa makanan enak yang ramah terhadap radang tenggorokan:

Makanan lunak dicampur kunyit


Kunyit mengandung curcumin yang bersifat antioksidan dan antiradang. Bumbu dapur ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami radang tenggorokan. 

Untuk menikmati manfaatnya, kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam jus, teh, sup, atau masakan lainnya.

Jus buah atau smoothies


Jus buah atau smoothies memiliki kandungan gizi yang tinggi, kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Jenis asupan yang satu ini juga nikmat dan mudah ditelan oleh penderita radang tenggorokan.

Jenis buah yang dapat kamu jadikan jus atau smoothies adalah yang mengandung vitamin A dan C, seperti pepaya, jeruk, dan wortel.

Sup


Memiliki tekstur yang lunak, sup dapat dijadikan makanan yang tepat untuk penderita radang tenggorokan. Menurut dr. Karin, sup yang diminum hangat-hangat juga dapat membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

“Kaldu yang digunakan untuk membuat sup mengandung gizi yang dapat membantu penderita radang tenggorokan lebih cepat sembuh,” kata dr. Karin.

Telur


Selain murah dan ada di mana-mana, telur juga merupakan sumber protein yang praktis dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Telur mengandung asam amino lengkap yang baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh dan perbaikan jaringan yang rusak.

Bubur


Bubur rupanya sudah menjadi menu wajib bagi orang-orang yang menderita radang tenggorokan. Teksturnya yang lunak dan gizi yang didapat dari kaldu yang diguyur di atasnya bisa membantu proses penyembuhan radang tenggorokan.

Mana yang hendak kamu jadikan makanan favorit untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan menyerang? Pastikan ingat porsi agar tidak berlebihan, dan mengombinasikannya dengan cukup istirahat, minum banyak air putih, dan minum obat sesuai anjuran dokter jika ada. Dengan ini semua, radang tenggorokan bisa musnah seketika.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.