4 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu hamil

Desember 28, 2019
Nutrisi dan Multivitamin yg dibutuhkan Ibu Hamil


Ibu hamil sangat memerlukan asupan nutrisi lebih banyak dibanding wanita pada umumnya, apalagi masih dalam kondisi trimester pertamanya. Makanan yang sehat dan bergizi baik menjadi perhatian khusus untuk setiap ibu hamil. Jika asal-asalan memilih dan mengkonsumsi makanan saat hamil. Maka dikhawatirkan berisiko terhadap kesehatan janin itu sendiri. Nutrisi dan multivitamin yg dibutuhkan ibu hamil harus dalam pengawasan dokter, karena mungkin saja ada beberapa multivitamin yang tidak boleh dikonsumsi setiap hari atau sama sekali tidak dianjurkan.

Berikut di bawah ini adalah 5 jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil:

Produk Susu


Saat hamil dalam kondisi trimester pertama, produk susu alami sangat baik untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengkonsumsi produk susu seperti, susu murni, yogurt, dan keju untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta janin. 

Di dalam susu sendiri mengandung vitamin D, kalsium, protein, lemak sehat, asam folat yang sangat baik bagi tumbuh kembang janin. Baik juga dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan berlangsung. Untuk mencegah terjadinya komplikasi saat kehamilan, ibu bisa konsumsi secara rutin yogurt. 

Gandum


Saat ibu mengandung dengan usia yang masih muda, sangat baik untuk mengkonsumsi gandum secara rutin. Dengan gandum, ibu hamil dapat terhindar dari risiko obesitas dan diabetes saat masa kehamilan berlangsung. 

Kemudian, gandum juga sangat baik untuk proses pencernaan ibu hamil serta mengurangi konstipasi dan diare.

Selain itu, olahan gandum, seperti biskuit dan roti, bisa menjadi pilihan untuk cemilan yang pas saat masa kehamilan diusia muda.

Telur dan Daging Unggas


Telur adalah salah satu makanan pokok yang mudah sekali didapatkan di supermarket maupun pasar swalayan. Telur mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain telur, daging unggas juga, seperti ayam dan bebek sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Ikan


Di dalam ikan sendiri terdapat beberapa kandungan yang sangat baik untuk menemani pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan lemak omega 3 yang ada pada ikan, sangat baik untuk perkembangan dan pembentukan otak janin. Di dalam omega 3 sendiri terdapat DHA dan EPA yang penting diberikan kepada janin. Pentingnya DHA untuk ibu hamil dan janin perlu dicermati sejak masa usia kehamilan masih dibawah 3 bulan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.