Review Clinelle PureSWISS HYDRAcalm Series untuk Kulit Kering

28 Februari 2021

review clinelle pureswiss hydracalm


Hai, apa kabar para pemilik kulit kering sekalian. Banyak banget yang beranggapan bahwa dry skin itu gampang lah perawatannya atau bahkan ada yang menganggap aman-aman aja dan nggak perlu perawatan intensif.


Padahal, aku sebagai pemilik dry skin ini merasa agak kewalahan juga dalam mengatasinya. Apalagi kondisi kulit kering ini bisa jadi komplikasi alias bisa memicu timbulnya masalah lain di kulit.


Dampak Kulit Kering yang Pernah Aku Rasakan


1. Pemakaian Make up Tidak Efektif


Semahal-mahalnya lipstick yang kita punya, kalau diaplikasikan ke bibir yang kering, pasti bakal nggak bagus look-nya. Sama halnya dengan kulit wajah. 


Produk foundation, cushion, powder atau apapun itu jadi nggak sebagus dan seefektif itu kalau kita gunakan ke wajah yang kering. Karena kulit yang kering akan lebih kaku dan kasar permukaannya, make up pun susah nempel. Hal ini pernah aku alami langsung.


2. Lebih Cepat Timbul Kerutan


Ini dampak yang paling bikin sakit hati sih. Bukan main-main lo. Kerutan coba yang muncul di kulit. Kulit yang kering kehilangan kekenyalan dan itu menyebabkan kerutan lebih cepat datang kepada orang yang berjenis kulit kering.


3. Menyebabkan Gatal


Dulu aku sempat bingung ya kenapa kulit aku tiba-tiba gatal dan merah. Padahal nggak ada serangga yang gigit. Setelah aku baca-baca di artikel-artikel kesehatan, ternyata itu karena kondisi kulit yang dehidrasi. 


Masih banyak dampak lainnya tapi so far 3 hal ini yang paling aku rasakan. Cara mengatasinya pun ada banyak salah satunya dengan pemakaian skincare yang fokus untuk hydrating


Kandungan Skincare Paling Bagus untuk Mengatasi Dehidrasi kulit


Salah satu penyebab kulit yang kehilangan kelembapan adalah karena semakin bertambah usia, kemampuan kulit kita untuk menghasilkan Hyaluronic Acid alami akan semakin berkurang.


Oleh sebab itu, kita perlu Hyaluronic Acid dalam bentuk sintetis yang bisa ditemukan dalam skincare. Bahan aktif Hyaluronic Acid (HA) ini berfungsi menahan air di jaringan kulit sehingga air nggak menguap ke luar.


Nah, produk-produk Clinelle PureSWISS HYDRAcalm ini mempunyai kandungan utama Hyaluronic Acid tersebut. 


Kenalan dengan Brand Clinelle


Sudah pada tahu belum tentang brand yang satu ini? Clinelle merupakan brand dari Malaysia yang memproduksi skincare yang aman dan teruji klinis untuk berbagai permasalahan kulit.


Selain series untuk dry skin, ada pula series skincare Caviar Gold dan Age Revive untuk anti-aging, Whiten Up untuk semua jenis kulit, Purifying untuk acne prone skin, dan Essential Care untuk kulit sensitif.


Brand ini sudah berdiri sejak tahun 2004. Kata Clinelle sendiri merupakan singkatan dari 2 kata yaitu Cli=Clinically tested dan elle=light. Jadi dibacanya bukan “klaynel” tapi “klinel”.


Ada yang unggul sekali dari brand ini yaitu semua produk mereka dibuat tanpa menggunakan 7 bahan berbahaya (7 Nos) yaitu pewangi buatan, pewarna buatan, kandungan comedogenic, mineral oil, SD-alkohol, lanolin, dan paraben. 


Semua produknya juga bekerja dengan RX3 Action yaitu repair, refine dan reshield. Produknya diformulasikan menggunakan teknologi canggih dari laboraturium yang beroperasi di France, USA & Korea.


Untuk PureSWISS HYDRAcalm ini sendiri sebenarnya totalnya ada 6 produk tapi di sini aku hanya akan review 4 produk utamanya yaitu cleansing gel, serum, cream dan sleeping mask. Terus aku bakal sisipin produk ke-5, cleansing water yang juga cocok untuk kulit kering.


1. Clinelle PureSWISS HYDRAcalm Cleansing Gel


cleansing gel clinelle hydracalm

hydracalm cleansing gel


Kandungan


ingredients cleansing gel clinelle


Klaim


✔Membersihkan dan mengurangi produksi minyak berlebih.

✔Berfungsi sebagai eksfolian yang ringan

✔Menenangkan kulit

✔Mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan blackheads


Cara Pakai


- Tuang secukupnya pada telapak tangan yang lembap.

- Pijat dengan gerakan melingkar pada wajah dan leher.

- Bilas dengan air hingga bersih.


Kemasan


clinelle cleansing gel


Packaging-nya berbentuk tube dengan isi 100 ml. Kemasannya informatif banget, Ada informasi cara penggunaan, ingredients, manfaat, sampai ada keterangan expired date juga, dan lain-lain. Tutupnya flip-flop. Kokoh dan bisa menyimpan gel di dalamnya dengan baik. 


Tekstur, Warna, Aroma


tekstur cleansing gel clinelle


pureswiss hydracalm cleansing gel
setelah dikasih air


Produk ini memiliki tekstur yang sama seperti nama produknya yaitu gel. Tidak berwarna (bening). Sedangkan aromanya sendiri susah sekali dideskripsikan dengan kata-kata. 


Dan perlu dicatat kalau wangiya itu bukan hasil dari pewangi buatan, jadi ini memang wangi hasil dari pencampuran bahan-bahan alami. 


Aromanya itu lumayan strong tapi nggak yang long lasting gitu. Jadi once produknya digunakan ke kulit, aromanya berangsur-angsur hilang.


Cleansing ini kalau kena air dia nggak yang berbusa gitu. Ini membuktikan kalau produknya memang dibuat tanpa menggunakan bahan berbahaya.


Review


Setelah menggunakan produknya dan dibilas dengan air, sama sekali nggak ada perasaan ketarik. Sama sekali nggak bikin kulit kering dan kesat gitu.


Feel setelah pemakaiannya kulit jadi segar, bersih, lebih plumpy, dan lembap. Untuk aku pribadi, sekali pakai produknya, aku perlu agak banyak dan agak lebih lama aku pijat di wajahnya. 


Biasanya kalau aku pakai cleanser itu sedikit-sedikit saja dan sebentar saja soalnya biasanya kalau kebanyakan dan kelamaan, kulit aku jadi kering banget setelah dibilasnya. Tapi kalau pakai produk ini, sama sekali berbeda.


Produknya aku pakai setiap hari. Aku gunakan sebagai eksfolian. Karena termasuk eksfolian yang ringan, jadi aman dan bagus banget dipakai setiap hari.


Produk ini punya pH 5.5. Sesuai dengan pH kulit normal. Kembalinya pH kulit ke pH yang normal akan membuat kulit lebih sehat. Produk skincare dengan pH normal ini wajib banget untuk produk pertama dalam rangkaian skincare kita yaitu cleanser.


Harga


IDR99.999,00

Bisa dibeli di Guardian, atau secara online di Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia.


2. Clinelle PureSWISS HYDRAcalm Serum


clinelle pureswiss hydracalm serum


Kandungan


ingredients serum clinelle


Silakan liat di foto ya untuk kandungannya. Soalnya kalau ditulis lagsung pasti bakal terdeteksi plagiat sama Google. Produk sebelumnya aku tulisin karena pada packaging produknya nggak jelas terlihat semua. Itupun sudah aku convert ke format JPG.


Klaim


✔Meningkatkan hidasi kulit.

✔Menjaga tingkat hidrasi optimum di setiap lapisan kulit.

✔Menenangkan dan melindungi kulit dari iritasi.

✔Merawat sistem penghalang kulit untuk mencegah kulit dari kehilangan kelembapan.

✔Kulit menjadi lembap dengan hidrasi yang bertahan hingga 72 jam.


Cara Pakai


- Pompa serum ke telapak tangan secukupnya.

- Oleskan ke seluruh wajah dan leher secara lembut.


Kemasan


packaging clinelle serum


Kemasannya cukup unik soalnya biasanya kan serum kita temui di kemasan kecil dengan aplikator pipet. Sedangkan produk ini botolnya tinggi, lumayan besar untuk menampung isinya sebanyak 20 ml.


Botolnya berbentuk pump dengan ujung lubang yang sangat kecil. Aku suka banget dengan hal ini soalnya membuat sekali pencet itu nggak akan kebanyakan. 


Botolnya ini bukan kaca melainkan sejenis acrylic yang kokoh. Desainnya juga classy. Terdapat kotak kertasnya juga yang sangat informatif. 


Kertasnya ini juga safety banget karena ada kertas penjaga di bagian bawah sehingga botolnya nggak akan bergerak saat di dalam kardusnya.


Cuma ada satu hal kecil yang disayangkan, keterangan expired date-nya cuma ada di kotaknya. Nggak ada di botolnya langsung. 


kemasan serum clinelle


Tekstur, Warna, Aroma


texture serum clinelle hydracalm


Serum ini mempunyai tekstur yang benar-benar kental. Kalau dituangkan, dia nggak akan tumpah atau bleber ke mana-mana sama sekali. Jadi teksturnya itu semacam kayak lotion.


Mudah meresap ke pori-pori. Aromanya sama seperti cleanser-nya. Sedangkan untuk warnanya sendiri dia putih susu. Sedikit thick.


Review


Ini produk unggulan aku di antara 4 produk PureSWISS HYDRAcalm Series ini. Soalnya produk ini benar-benar bikin auto lembap dan uniknya kelembapan di sini bukan yang sementara.


Jadi, biasanya kalau aku pakai produk untuk hydrating, produknya itu memang bisa menghidrasi kulit tapi saat pemakaian saja atau beberapa jam saja setelah pemakaian. Jadi seakan-akan hidrasinya cuma dari luar. 


Beda halnya dengan produk ini, kulitku terasa dihidrasi dari dalam. Soalnya waktu aku nggak pakai produknya pun karena kemarin sempat sakit 1 hari, aku merasa kulit tetap lembap. Jadi serum ini benar-benar sesuai sama klaimnya. 


Awal-awal saat kulit aku super kering, aku memakainya dua kali sehari pagi dan malam. Semakin ke sini, aku makainya 1 kali sehari saja. Kadang pagi dan kadang malam.  Serum ini juga memberikan efek glowing ke wajah. Produk ini juga punya pH yang sama seperti cleanser yaitu 5.5. 


Harga


IDR279.000.00

Bisa dibeli di Guardian, atau secara online di Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia.


3. Clinelle PureSWISS HYDRAcalm Cream


clinelle pureswiss hydracalm cream


Kandungan


ingredients cream clinelle


Klaim


✔Memberikan kelembapan yang intens.

✔Mengembalikan kelembapan kulit untuk hidrasi yang bertahan lama.

✔Menyamarkan garis-garis halus.

✔Mengurangi produksi minyak.


Cara Pakai


Dengan menggunakan spatula, ambil cream secukupnya dan oleskan dengan lembut ke seluruh wajah dengan gerakan ke atas.


Kemasan


packaging cream clinelle


Packaging-nya terbuat dari kaca yang benar-benar tebal dan kokoh. Tutupnya berulir berwarna silver. Memberikan kesan yang mewah. 


Setelah tutupnya dibuka, ada pelindung satu lagi dan ada spatula untuk membantu kita menjaga kehegienisan produk di dalamnya. Kemasannya 40 ml. Pas banget buat ukuran cream.


Disertai dengan kotak kertas juga yang nggak kalah mewah dengan wadah kacanya. Soalnya kotaknya ini semacam kayak hologram gitu, bersinar-sinar kalau kena cahaya lampu. Sama sih dengan kotak serumnya juga.


review skincare clinelle


Tekstur, Warna, Aroma


tekstur krim clinelle hydracalm

review clinelle


Tekstur dari cream ini lebih mirip seperti lotion. Watery banget dan cepat sekali meresap ke kulit. Warnanya putih susu dan aromanya juga sama dengan produk HYDRAcalm lainnya. Tidak lengket.


Review


Baru kali ini aku sesuka dan secocok itu sama yang namanya cream wajah. Teksturnya benar-benar berbeda dengan krim lainnya kebanyakan. 


Nggak kental sama sekali dan cepat sekali meresapnya. Untuk klaimnya yang bisa menyamarkan garis-garis halus, itu benar adanya soalnya ketika kulit dalam keadaan kering, garis-garis halus akan semakin kentara terlihat.


Sebaliknya kalau kulit kita sudah lembap, garis-garis halus tersebut akan tersamarkan. Rutin memakai cream ini membuat kulit aku moist dan kenyal. 


Harga


IDR219.000,00

Bisa dibeli di Guardian, atau secara online di Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia.


4. Clinelle PureSWISS HYDRAcalm Sleeping Mask


sleeping mask clinelle hydracalm


Kandungan


kandungan sleeping mask clinelle


Klaim


✔Menghidrasi kulit secara optimal dan mencerahkan kulit sepanjang malam.

✔Menyegarkan wajah dan menjadikan kulit lembut dan kenyal.

✔Bentuk tekstur seperti air mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit.


Cara Pakai


Menggunakan spatula, ambil produk secukupnya lalu oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher sebelum tidur. Bilas dengan air di pagi harinya.


Kemasan 


packaging clinelle sleeping mask

kemasan hydracalm sleeping mask


Kemasannya sama dengan kemasan produk cream-nya. Terbuat dari kaca dengan tutup berulir. Kotaknya juga sama. Bedanya, ini lebih besar yaitu 60 ml. Dilengkapi dengan spatula yang tidak lebih besar dari spatula cream.


Tekstur, Warna, Aroma


tekstur sleeping mask clinelle.


review clinelle hydracalm


Kalau dilihat sekilas, tekstur dari sleeping mask ini benar-benar sama dengan cream. Tapi, ketika menyentuh kulit, dia jauh lebih watery daripada produk cream-nya. 


Teksturnya runny. Seperti air. Tapi dia sedikit lebih lambat menyerap jika dibandingkan dengan produk cream-nya. Hal ini wajar, karena ini produk sleeping mask.


Aromanya sama dengan produk lainnya. Warnanya juga tidak ada bedanya dengan cream dan serum. Tidak lengket sama sekali.


Review


Sleeping mask ini ringan banget dan cocok banget untuk dry skin. Ketika diaplikasikan ke wajah, ada rasa dingin alami dan segar. Tapi, segar dan dinginnya ini nggak yang sampai bikin mata melek (nggak bisa tidur) kok. 


Untuk klaim pencerah. Memang ada aku rasakan pas pagi harinya setelah mencuci muka. Tapi nggak yang signifikan. 


Wajahku juga terlihat jauh lebih fresh di pagi harinya kalau malamnya memakai sleeping mask ini. Kulit juga terasa lebih lembut.

 

Harga


IDR259.000,00

Bisa dibeli di Guardian, atau secara online di Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia.


5. Clinelle Deep Cleansing Water


clinelle deep cleansing water


Kandungan


ingredients cleansing water clinelle


Klaim


✔Membersihkan riasan pada wajah, mata dan bibir dengan lembut.

✔Sebagai eksfolian ringan yang berfungsi mengangkat sel kulit mati & penumpukan sebum pada kulit.

✔Membersihkan dan mengangkat residu. Menjadikan kulit lebih sehat.

✔Mencerahkan kulit.

✔Melembapkan kulit.


Cara Pakai


- Tuangkan produk pada kapas hingga basah. 

- Lalu usapkan ke kapas ke kulit wajah.

- Untuk riasan waterproof, tahan lama kapas pada daerah wajah yang memakai riasan waterproof, lalu usap.


Kemasan


kemasan clinelle cleansing water

packaging cleansing water clinelle


Packaging-nya plastik biru dengan tutup flip-flop berwarna putih. Secara keseluruhan desainnya unik dan menarik. 


Kemasannya juga sangat informatif dan ada informasi kedaluwarsa juga di kemasannya. Cukup besar yaitu berisi 180 ml. Botol safe banget. Nggak mudah tumpah.  


Tekstur, Warna, Aroma


review cleansing water clinelle


Sesuai dengan nama produknya, teksturnya ya seperti air tapi lumayan berbuih. Tidak lengket sama sekali dan tidak mengandung oil. 


Aromanya hampir sama tapi ada sedikit perbedaan, yang ini aromanya lebih kuat aroma citrusnya. Tidak berwarna. Bening seperti air.


Review


Honestly, sebelumnya aku sering banget gonta-ganti produk cleansing water. Bukan ke arah penasaran sih tapi ke arah mencari yang cocok.


Soalnya, kebanyakan produk cleansing water ini memperparah keadaan kulit kering aku. Entahlah, mungkin karena kandungan alkohol yang tinggi. 


Bahkan aku sempat berhenti memakai cleansing water 2 bulanan sebelumnya ketemu sama produk deep cleansing water Clinelle ini. 


Jadi, senang banget aku saat pertama kali mencoba produk ini soalnya, nggak ada kesan kering setelah memakainya. Sebaliknya, kulit aku malah terasa lembap.


Produknya ringan banget dan karena nggak ada oil-nya sama sekali jadi memang memerlukan waktu yang lebih lama kalau digunakan untuk menghapus make up waterproof. 


Karena aku memang nggak kerja di luar rumah, jadi aku memang jarang memakai make up apalagi yang waterproof. Jadi, cleansing water ini pas banget buat aku. Efektif banget untuk mengangkat kotoran dan debu serta residu.


review cleansing water

deep cleansing water
Setelah diusap kapas 1 kali

hasil skincare clinelle
Setelah diusap beberapa kali


Harga


IDR159.000,00

Bisa dibeli di Guardian, atau secara online di Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia.


Kesimpulan Pemakaian Semua Produk


Setelah memakai 5 produk skincare Clinelle ini secara rutin selama 3 minggu, perubahan yang aku rasakan signifikan sekali dalam hal hydrating.


Kulit aku benar-benar hydrated. Produk ini bisa menyembuhkan, bukan sekadar mengatasi sesaat. 


Biasanya aku pakai skincare 2x sehari. Tapi ada saat-saat aku uji coba produk ini dengan memakainya hanya sekali sehari dan kulit aku nggak crave more gitu loh. Nggak yang dalam beberapa jam hidrasinya jadi hilang dan harus makai lagi.


Kulit aku juga lebih glowing, lebih halus dan kenyal serta yang paling aku suka adalah garis halusku tersamarkan. Aku jadi terlihat lebih young, fresh dan sehat.


Kulit yang terhidrasi dengan baik itu memang kunci dari segalanya. Hasil yang lainnya seperti glowing, kenyal, awet muda itu bisa mengikuti setelahnya. Jadi, produk ini sebenarnya bukan cuma cocok untuk kulit kering tapi juga for all skin type.


Untuk efek cerah, aku kurang fokus ke sana. Wajar, karena ini memang bukan produk pencerah ya. Ini seri yang hydrating. Tapi, pas aku lihat, memang ada sedikit kemajuan dalam hal kecerahan.


Lastly, aku punya tips nih agar skincare hydrating bisa bekerja dengan efektif. Setelah cuci muka, airnya jangan langsung disapu bersih pakai tisu atau handuk. 


Sapu sedikit saja, selebihnya biarkan air kering dengan sendirinya. Lalu sebelum kulit benar-benar kering, langsung pakaikan skincare hydrating. 


Di bawah ini foto hasil before after pemakaian 3 minggunya ya.


result skincare hydrating clinelle


19 komentar

  1. Keliatan sih jadi glowing gitu 😍

    BalasHapus
  2. Moisturizer nya melembabkan banget yaa 😍

    BalasHapus
  3. Kubaru tahu kalau kulit kering bikin banyak masalah ya. Clinelle series ini membantu sekali.

    BalasHapus
  4. Aku suka banget sama Hydracalm serumnya beneran ngelembabin

    BalasHapus
  5. Udah dari kapan aku setia pakai produk dari Clinelle, soalnya variannya lengkap banget untuk mengatasi berbagai masalah kulit.. Sekarang aku fokus ke bekas jerawat, tetep pakai Clinelle juga 😍

    BalasHapus
  6. aku suka produk yang bisa menghidrasi dengan baik seperti ini. apalagi bisa menyembuhkan bukan cuma memperbaiki

    BalasHapus
  7. Sleeping masuknya juaraa! Nggak lengket samsek~

    BalasHapus
  8. Aku udah coba Deep Cleansing Waternya, bagus banget cleansing powernya buat bersihin make up.

    BalasHapus
  9. Ga ngerti lagi sama produk ini buatku penolong bgt buat kulit kering

    BalasHapus
  10. Eny kepo dong sama series nih, liat kulit ka Eca makin sehat dan lembab bgttt ����

    BalasHapus
  11. Suka banget aku sama Clinelle ini

    BalasHapus
  12. Aku pernah pake sleeping masknya dan bagus banget efek lembabnya dikulit

    BalasHapus
  13. Huaaaa, jadi penasaran banget sama seri ini. Kok kayaknya oke juga buat kulitku yang gampang dehidrasi ini

    BalasHapus
  14. Pureswiss Hydracalm bagussss.. i love the lotion especially

    BalasHapus
  15. Aku juga pakee inii, paling suka sm creamnya tekstur dan finishnya enakk

    BalasHapus
  16. Menurut aku, produk Clinelle pada oke punya. Aku sendiri suka banget sama Deep Cleansing Water karena walaupun "cuma air doank", tapi powerful banget!

    BalasHapus
  17. Wah lengkap, aku baru cobain serum nya aja sih dan memang see bagus itu hasilnya

    BalasHapus
  18. aku paling suka sama sleeping masknya :)

    BalasHapus

Hi,
Kalau ingin berkomentar menggunakan opsi akun Google, pastikan profile blogger kamu berstatus publik (bisa dilihat orang lain).

Jika tidak, maka nama kamu akan di-display menjadi "Unknown" dan mohon maaf, komentarnya tidak bisa aku approve dan balas karena menyebabkan broken link.

Thanks